07/10/08

Borobudur, Apa Kabarmu?


Berwisata ke Candi Borobudur dapat menumbuhkan lagi kepercayaan diri kita sebagai warga Bangsa, yang selama ini mulai meluntur akibat dahsyatnya perkembangan teknologi dan masuknya bangsa ini ke dalam wadah sebuah perkampungan
global.

Kita kembali diingatkan bahwa nenek moyang Bangsa ini memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan bangsa-bangsa lain, sehingga terciptalah salah satu keajaiban dunia berbentuk candi.

Sayang sekali aset, ikon dan kebanggaan bangsa ini telah dikotori oleh tangan-tangan jahil, sehingga dijumpai beberapa arca di atas bangunan candi yang hilang beberapa bagian tubuhnya, atau kotor.

Ada baiknya, para pengelola aset bangsa -- yang dijadikan tempat wisata ini -- lebih memperhatikan kelestarian dan mengembangkannya dengan beberapa sub gathering area di sekitar lokasi wisata utama candi borobudur. Dengan demikian, ikon dan kebanggaan bangsa ini benar-benar terjaga keunikan dan keindahannya, semakin diminati untuk dikunjungi, semakin dikenal oleh bangsa-bangsa lain di dunia. Dan yang penting lagi benar-benar merasuk ke segenap sanubari generasi muda bangsa ini sebagai ikon dan kebanggaan.

Tidak ada komentar:

WAJAH PENDIDIKAN INDONESIA

WAJAH PENDIDIKAN INDONESIA
Kebingungan Berbahasa